Kemitraan Ayam

Beberapa pilihan kemitraan ayam

1. harga kontrak/garansi, pemiliharaan ayam berdasarkan kontrak yang ditawarka oleh perusahaan ini. Harga sapronak (DOC, Pakan) sudah tertera dalam perjanjian kontrak. Peternak akan mempeoleh sisa hasil usaha dari perhitungan penjualan ayam dikurangi biaya-biaya yang diberikan oelh pihak inti. Selain itu juga peternak bisa mendapatkan tambahan dari insentif performa produksi.

2. maklun/upah kerja, peternak akan mendapatkan hasil usaha dari perhitungan biaya upah kerja per ekor DOC, hasil lain dari insentif performa.

3. semi kemitraan, harga sapronak sudah disepakati, namun untuk harga jual ayam pada saat panen disesuaikan dengan kondisi pasar.

Beberapa keuntungan dan kerugian kemitraan.

1. keuntungan
– Modal relative kecil, tugas peternakan menyediakan kandang, tenaga kerja dan pemeliharaan secara maksimal.
– Keuntungan bisa diprediksi dari masa awal pemeliharaan, hal ini dikarenakan harga sapronak dan harga jual ayam saat panen sudah diketahui dari awal.
– Resiko usaha kecil, jika terjadi kerugian, kerugian peternak tidak sebesar jika beternak secara mandiri.
– Bantuan manajemen pemeliharaan, pihak inti secara rutin mengadakan pendampingan melalui bagian lapangan untuk mendampingi peternak suapay hasil ternaknya optimal.
– Bantuan operasional, pada beberapa perusahaan inti, ada yang memberikan uang untuk operasional pada saat pemeliharaan.
– Insentif performa, insentif diberikan kepada peternak yang bisa memperoleh indeks performa (IP) yang bagus rata-rata >270, selain itu juga ada bonus FCR dan bonus rendahnya kematian, serata bonus selisih harga pasar, jika pada saat panen harga jual ayam lebih tinggi dari harga kontrak, namun hal ini sangat tergantung pada transparansi pihak perusahaan inti.

2. kerugian
– Kualitas dan kuantitas sapronak
– keuntungan peternak “dijatah” oleh perusahaan inti
– Pembayaran sisa hasil usaha yang lambat
– Penentuan waktu panen lebih ditentukan oleh perusahaan inti
– Dikendalikan oleh inti, sehingga peternak sekedar menjadi ”kuli kaya”

Beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum menentukan bermitra dengan perusahaan inti kemitraan:

1. cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan kemitraan di daerah tersebut
2. usahakan terlebih dahulu ketahui penggunaan sapronak (Pakan, DOC)
3. kualtas dan kontinuitas sapronak, hal ini berkaitan dengan hasil usaha
4. usahakan dapatkan brosur (penawaran) harga kontrak, untuk selanjutnya di hitung dan dibandingkan antar perusahaan inti.
5. pertimbangkan waktu panen (umur dan jarak antar panen)
6. pertimbangkan waktu pembayaran sisa usaha (jika untung), dan sistem pembayaran utang (jika rugi)
7. pelayanan pada masa sebelum, pada saat dan setelah selesai masa pemliharaan dan dari perusahaan inti.

Sebuah pilihan
”KULI KAYA atau JURAGAN MISKIN”

25 responses to “Kemitraan Ayam

  1. Salam kenal,Nama saya Harry, saya ingin belajar lebeh dalam lagitetntang ternak unggas potong yang mulai dari DOC hingga dijual lagi ( kemitraan ) caranya bagaimana agar keinginan saya bisa terpenuhi, saya berdomisili di Solo.Saya tunggu informasi lebih lanjut, terima kasih

  2. terima kasih mas harry,untuk informasi tentang tatalaksana pemeliharaan ayam broiler dari mulai persiapan kandang sampai ayam dipanen, silahkan bisa membuka beberapa artikel yang ada di blog ini. semoga bisa membantu.terima kasih

  3. ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.SALAM KENAL, Nama saya Heru, saya tertarik ingin belajar lebIh dalam lagi mengenai peternakan ayam, saya mohon dikirimkan NO telpon sekaligus emailnya PT. ANJAWANI YANG BERADA di daerah JAWAB BARAT khuSusnya BANDUNG, KEBETULAN SAYA TINGGAL DIDAERAH SUMEDANG.sebelumnya saya mengucapkan TERIMAKSIH,WASSALAMU'AALIKUM WR. WB.

  4. Asalamualaikum wr.wb..Salam kenal Mas..Saya Eddy suyitno..saya sangat tertarik Untk usaha ternak ayam potong dg sistim kemitraan ini, sbg peluang kerja & usaha krn saya berencana utk pulkam stlh 20 thn merantau..Tolong informasinya dgn Inti mana saya bisa bermitra Untuk Daerah Kandangan – pare Kediri..? Tlg Mas jawabanya di Email saya ' suyitnoeddy@yahoo.com Sebelumnya matursuwun banget mas.

  5. tolong berikan saya alamat di daerah saya yang menawarkan jasa kemitraan ayam broiler. SAYA TINGGAL DI PROV.SUL-SEL.DAERAH MAKASSAR.KOTA PALOPO. kalau ada tolong alamatnya dikirim di email saya ya.ni email saya (romawirosi@ymail.com ) terima kasih sbelumnya.

  6. maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandungtrims

  7. maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandungtrims

  8. maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandungtrims

  9. salam super, Perkenalkan nama saya Ari, saya ber domisili di solo, saya ingin bertanya mengenai informasi kemitraan di daerah solo, tolong kirim infonya ke Email saya di "aryma20@yahoo.co.id" atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

  10. salam super, Perkenalkan nama saya Ari, saya ber domisili di solo, saya ingin bertanya mengenai informasi kemitraan di daerah solo, tolong kirim infonya ke Email saya di "aryma20@yahoo.co.id" atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s